Selamat Datang di Blogg ku yach.. Jangan Lupa tinggalin pesan Happy blogging :D.. OH IYA DI LARANG COPAS YA KATANYA PAMALI :D

Selasa, 31 Juli 2012

Merancang jaringan wireless sederhana dengan model peer to peer

back To Blog, setelah berpusing2 mengerjakan Tugas Akhir, akhirnya ada waktu luang untuk ngeblog... oke seperti judulnya, yaitu merancang jaringan wireless sederhana dengan model peer to peer, bagi siapa aja mungkin yg di rumah sudah ada internet tapi cuman bisa ke pake 1 komputer saja, atau mungkin ada yang punya usaha cafe, kost, dll yang mau sambil nyari sampingan di luar hasil usaha, mungkin rancangan jaringan ini akan bermanfaat, dan minta maaf seandainya nanti dalam penyampain kurang joko minta maaf ya,, keep smile :D


oke langsung aja, untuk membangun sebuah jaringan tentunya harus di persiapkan dulu kebutuhan akan jaringan tersebut betul????.. apa sajakah yang perlu di sediakan dalam membangun jaringan wireless peer to peer? joko sebutkan di antaranya sebagai berikut :
1. internet ( tergantung ISP )
2. Modem ADSL ( Bisa yang biasa ataupun yang sudah wireless, supaya lebih simple berarti yang sudah wireless)
3. Router ( Bagi ISP tertentu yang membutuhkan Router )
4. Modem Wireless / AP ( Akses Point )
5. Repeater ( Seandainya jarak antara komputer 1 dan yg lain jauh ( lebih dari 100 Meter)
6. receiver ( untuk media penerima komputer disebabkan komputer belum ada faslitas wireless )

oke langsung aja ke pokok bahasan yak...

1. yang pertama tentunya adalah penyiapan internet, penyiapan internet di sini kita harus sesuaikan dengan kebutuhan (jumlah pemakai) dimana sebagai contoh, seandainya untuk rumah mungkin cukup berlangganan ke ISP ( 512 Mbps ) untuk hotspot bisa ( 1 - 2 Mbps) sesuaikan dengan kebutuhan.

2. yang kedua yaitu konfigurasi modem ADSL, untuk konfigurasi modem ikuti perintah buku panduan set up modem, ( nggak joko posting karena perlu gambar, yang butuh bisa minta di komentar nanti joko posting di lain postingan ),sampai benar benar terkoneksi dengan internet.

3. selanjutnya kalau internet sudah tersedia/bisa di pakeai tinggal nyebarin deh tuh jaringan lewat wireless tentunya ya seperti judul, berarti langkah ini langkah konfigurasi router ( Sama seting joko nggak posting )bisa ikutin buku panduan ada komplit, kalo masih bingung request aja lewat komentar nanti joko posting di posting lain.. oke next kalo sudah berhasil seting sebenarnya langkah disni sudah selesai secara koneksi, tapi secara wilayah atau jarak itu juga menentukan.

4. oke melanjutkan dari no 3 seandainya jarak lebih dari 100 meter, maka di perluka repeater, dimaksudkan untuk menyambungkan sinyal wireless ke tempat tujuan, peasangan repeter juga harus pada tempat yang strategis, dimana itu akan menentukan bagus tidaknya sinyal yag sampai ke tempat tujuan.

5. pemasangan receiver, pemasangan receiver seperti point receiver di atas yaitu sebagai penerima apabila yang menerima adalah komputer, dimana komputer kebanyakan belum ada fasilitas wireless.

oke untuk koneksi sudah, tinggal keamanan keamanan disini saran dari joko ( gunakan faslitas add mac addres yang ada pada utilitas modem, router , atupun repeater)dimana untuk penggunaan password untuk sekarang sudah amat mudah di crack.

nha itu gambaran dari perancangan jaringan wireless peer to peer, bagi yang pengen mencoba dan masih bingung, bisa bertanya ke joko, bisa lewat komentar atau yg lain, biar joko ulas yang komplit.


1 komentar:

Leadership Developmant Training mengatakan...

salam sukses gan, bagi2 motivasi .,
Pikiran yang positiv dan tindakan yang positiv akan membawamu pada hasil yang positiv.,.
ditunggu kunjungan baliknya gan .,.

Poskan Komentar

 
Design by Joko Theme | Bloggerized by joko | joko